Sabtu, 07 Januari 2012

"Memahami Cinta"


CINTA? Apa itu CINTA? Semua manusia dengan mudahnya mengatakan aku CINTA padamu, aku menCINTAimu. Tapi apakah semua yang dikatakan memang benar adanya? Apakah itu CINTA atau “NAFSU” yang digunakan? Dalam rangkaian kata ini saya akan bercerita tentang apa itu cinta
CINTA sesuatu yang sangat mudah dikatakan di kehidupan ini, dengan gampangnya manusia mengatakannya, sebenarnya apa yang dikatakan oleh kebanyakan orang CINTA itu adalah “NAFSU”. Sebenarnya CINTA tidak dapat diungkapkan karena CINTA itu abstrak. Sebuah pertanyaan yang mendasari bahwa cinta itu abstrak yaitu:
1.                  Apa kalian tahu CINTA?
2.                  Apa kalian bisa menggambarkan cinta?
            Ketika seseorang mengatakan bahwa saya mencintaimu sebenarnya itu hanya nafsu atau hasrat yang berada disana. Cinta bukanlah sebuah pengungkapan kata dari ucapan tetapi apa yang dinamakan cinta adalah ketika kita mau berkorban untuk yang kita cinta. Disaat dia membutuhkan kita selalu ada disana Sempatkah Kalian Berpikir Demikian?
            Pertanyaan itu selalu membuat saya tertawa kecil ketika mengetahuinya. Sebenarnya ada 4 tingkatan cinta yang harus manusia tahu saya akan menjelaskannya secara singkat dan semoga bermanfaat bagi pembaca:
1.                  CINTA kepada DIRI SENDIRI:
             Sempatkah kalian berpikir ketika kalian menjalin hubungan seperti : pacaran atau menikah sebenarnya kalian dalam taraf mencintai diri sendiri? Kalian mencintai DIA karena kalian membutuhkan dia untuk melengkapi diri kalian, bisa diibaratkan melengkapi setengah cinta kalian. Sebenarnya kalian yang mengatakan mencintai DIA sebenarnya hanya mencintai diri kalian sendiri.tingkatan ini merupakan tingkatan awal dan nafsu yang lebih mendominasi
2.                  CINTA kepada SESAMA MANUSIA:
            Ketika ada seorang nenek atau kakek yang baru masuk kedalam bus dan ketika itu suasana dalam bus tersebut sangatlah penuh sesak, kalian sedang dalam posisi duduk yang nyaman dalam bus tersebut. Karena kalian kasihan melihat nenek atau kakek tersebut kalian mempersilahkan kakek atau nenek tersebut untuk duduk ditempat yang tadi kalian duduki.
            Salah satu contoh tersebut sudah merupakan bukti nyata kalian sudah bisa cinta kepada sesama manusia. Sebenarnya ada banyak yang bisa menjadi teladan dalam cinta kepada sesama manusia tetapi sepertinya itu sudah merupakan gambaran yang baik.
3.                  CINTA kepada ALAM
            Saya pun belum mencapai cinta tingkat seperti ini. Tetapi saya akan membagi sedikit dengan pembaca.cinta kepada alam. Ada seseorang teman saya ketika berjalan di halaman rumput dia meminta maaf kepada rumput dan berbicara kepada rumput tersebut. Awalnya saya merasa dia sedikit gila ketika berbicara dengan rumput. Tetapi dari sana saya berfikir bahwa semua yang diciptakan oleh tuhan merupakan hal yang perlu dicintai dan dihargai oleh manusia.
            Teman saya yang dikira sedikit gila ternyata dia merupakan salah satu yang saya tahu sebagai cinta kepada alam. Dimana orang yang sudah mencapai tingkatan ini menggangap bahwa alam pun dapat berbicara dengan bahasanya sendiri.
4.                  CINTA kepada TUHAN
            Ini merupakan tingkatan yang terakhir yang saya pun sangat sulit mencapainya. Dimana cinta ini bukan takut akan kekuasaanya yang bisa memasukan kita ke dalam surga dan neraka. bukan juga karena kita takut akan di siksa baik di dunia maupun di akhirat. Di sengsarakan dalam kehidupan. Tetapi cinta yang sesungguhnya karena tuhan.

            Sekarang kita hanya bisa berpikir bagaimana kita bisa mencapai tingkat selanjutnya tanpa harus melepaskan tingkat yang pertama. 
SELAMAT BERPIKIR....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar